19 Mar 2009

perpustakaan menyebalkan

12 maret 2009
Assalamualaikum wr.wb begini lebih bagus kumulai perpustakaan menyebalkan ini (singkat PM). Lagi2 aku sebal dengan perpustakaan: yang pertama dahulu waktu aku semester satu memang aku pernah menghilangkan buku tetapi sudah kuganti. Yang kedua beberapa waktu yang lalu aku tidak merasa meminjam tetapi kok tertulis meminjam di digilib. Tapi sudah saya bereskan dan tak ada kerugian dipihakku. Dan kali ini aku merasa sudah mengembalikan buku diperpus tetapi kok ada dipeminjaman. Keberuntungan ini belum aku bereskan. Tidak tahu kapan mau membereskan. Satu hal yang aku benci adalah pergi ke perpustakaan. Tetapi aku menyukai buku. Jadi terpaksa aku harus ke sana.
Aku akan memulai menulis di PM ini mungkin setahun kedepan, atau entahlah sampai kapan. PM telah kuistimewakan sama dengan folder2 pentingku yang lain. PM telah kubuatkan folder tersendiri. Jadi saat ini aku sudah memiliki 13 folder yang berisi tulisan2ku. Sebelumnya semua tulisanku kujadikan satu dalam folder yang kuberi nama: my mini mind. Tapi tadi pagi folde telah kupilah2 sebagai berikut:
1. R-catatan kehidupan.
2. R-cerpen kotemporee
3. R-filssafat pop
4. R-gudang
5. R-humor cerdas
6. R-ini tentang R
7. R-islam pop
8. R-negeri utopis
9. R-pangeran yang dikhianati
10. R-politik pop
11. R-superfrog
12. R-superkambingjantan

Semua berisi tulisanku. Yang paling banyak ada di folder R-filsafat pop dan R-gudang. Sudahlah aku malas membahas folder2 itu lagi. Aku akan bercerita tentang alas an lain mengapa aku menulis PM ini. Aku terisnpirasi ketika membalik2 catatan harian anne frank. Sebenarnya aku telah menulis buku haian sejak SMA kelas 2 lalu, kira2 ketika aku mulai menjadi ketua umum PD PII Lumajang (maret 2006). Dan itu telah menjadi catatan harian yang menyejarah buatku. Sekarang catatan2 itu ada di kostan lama ( di jalan tirtoutomo gang 4 no 46 landungsari malang/depan kampus) sekarang aku kos di belakang kampus. Catatan2 harian itu semoga tidak hilang. Catatan2 lamaku itu kubuat dari kertas folio yang putih itu kemudian kulipat jadi dua dan kuseteples tengah2nya sehingga menjadi buku. Kemudian ada juga yang folio bergaris yang kuseteples begitu saja agar tidak tercecer.
Aku kini bergairah menulis lebih rigid tentang keseharianku dan segala sesuatu yang ingin kutungakan dalam PM ini. Semoga Allah meridhoi setiap keputusan yang kuambil dalam hidup termasuk keputusan menulis PM ini.
Aku tahu hari ini hanya ada satu mata kuliah elemen mesin yang diajar oleh bapak lukman. Aku akan mulai cerita tentang pak lukman( Mario bros) yang menyebalkan. Entahlah boleh atau tidak menulis tentang beliau yang menyebalkan itu. Kuliah dimulai setelah lewat jam 12. beliau masuk ke ruang 402—lantai paling atas di gedung kuliah bersama III UMM 3. kemudian dia mengeluh tentang cuaca yang panas: tetapi dengan gaya paradoks: sangat dingin sekali ya—padahal kulihat dia berkeringat. Dia lagi sebel juga karena laptopnya kena virus dan mengeluh lagi—nanti kalau punya uang seratus ribu baru bisa dibetulkan. Maklum install terakhir setahun yang lalu—begitu intinya. Dia tidak jadi mengajar sesuai yg direncanakannya karena: laptop rusak, LCD juga kacau. Ada lagi keluha awalnya: disuruh ngajar kok tidak dikasih fasilitas jadi nanti kalau baterai laptop saya habis maka kuliah selesai ya (karena di 402 tidak ada colokanT). Setelah kuliah berakhir aku pergi ke bank untuk mengambil sejumlah uang: aku boros sekali akhir2 ini. Laptopku kacau jadi aku harus selalu ke warnet untuk online. Padahal setiap hari aku online. Tapi mungkin akan aku kurangi ketika aku mulai menulis PM ini. Entahlah PM ini akan aku upload di internet atau aku biarkab di laptop saja. Ini belum kuputuskan. Ddan aku selalu berdo’a kepada Allah: ya Allah berilah aku kekuatan untuk mengambil keputusan terbaik bahkan dalam keberuntungan sekecil inipun.
Keberuntungan PII: hari ini aku tidak memikirkan tentang PII yang serius. Aku hanya membaca2 sekilas buku tentang manajemen dan kepemimpinan untuk menngingatkanku bahwa aku adalah ketua umum PW PII Jatim. Lalu aku memberi komentar di salah satu temanku sesame PII—ayu dari kaltim dai Friendsternya. Selebihnya aku tidak menyinggung PII pun.
Duh kenapa dari paragraf ini aku merasa berulangkali menggunakan kata MASALAH. Jadi aku edit-find-masalah-raplace-keberuntungan. Ya aku merasa terlalu sering menggunakan kata “yang kumaksud tadi” sangat tidak asyik, aku ingin hidupku penuh dengan keberungtungan..
Wow lancer sekali aku menulis, sungguh tak menyangka, ini karena kebiasaan, aku yakin. Satau kebiasaan yang kini mulai hilang dariku adalah shalat malam: ya Allah aku berdo’a pada-MU agar aku bisa mengembalikan rutinitas shalat malamku.
Aku ingin akhiri tulisan ini dan aku katakana bahwa aku akan membaca 3 buku yang tadi kupinjam, tapi menyicil, tak mungkinlangsung semua. Lagipula mataku juga lelah. 3 buku itu: suratan takdir karya Voltaire, madilog karya tan malaka, dan global paradoks karya john naisbitt. Buku ketiga yang kusebutkan aku dapatkan refensi untuk membaca buku ini dari pak teguh baroto salah satu dosen favoritku meski dia telah memberiku nilai C+ pada matakuliah akutansi biaya semester 2. duh aku kok masih ingin melanjutkan sedikit ya: tadi ketika berjalan ke lab smosi untuk ngecek apakah ada pengumuman aku bertemu dosen fisika teknik 1 sekaligus fisika teknik 2 aku mencium tangnnya. Dia adalah dosen yang sangat hebat bagiku. Dia dahulu yang bercerita tentang anaknya yang dibelikannya buku lascar pelangi karangan andrea hirata. Dan asal tahu saja, ketika dia menceritakan baguan2 kisah lascar pelangi yang menyahut Cuma aku saja. Sedangkan teman sekelsku tidak ada yang tahu. Aku yakin dia bermimpi menjadi dosen yang hebat seperti bu muslimah gurunya lintang dan kawan-kawan dalam lascar pelangi. Dosen fisikaku itu aku yakin sekali memiliki impian untuk kesuksesanku. Dia Tanya tentang IP semester 2. dan aku jawab jelek. Ya sebenarnya standart 3,3. dan kalau dia tahu IP semester 3 kemarin 1,1 dia pasti tidak rela. Aku menyesal sebenarnya dengan semester kemarin membiarkan nilaiku terjun bebas seperti itu.
Mengenai semester kemarin aku ingin blak-blakan saja. Kemarin itu aku sedang tidak fokus dengan kuliah. Sejak terpilih sebagai ketua umum PW PII Jatim aku serba tidak bisa mengatur waktu. Jadi pola pikirku waktu itu: biarkan hancur sekalin, ini akan menjadi sebuah seni kehidupan yang sangat luar biasa. Aku ingin merasakan berada di puncak sendiri dan berada di jurang terdalam. Semester 1 IPku 3,95. sudah ya wassalam!raih mimpimu rangga-menasihati diri sendiri.

Tidak ada komentar: