10 Des 2008

ndak jelas go go

Ketidakjelasan adalah sebuah awal

Oleh: Rangga Primadasa

Untuk menjadi jelas sesuatu harus melewati ketidakjelasan. Untuk menjadi penulis yang jelas kita harus menjadi penulis yang tak jelas dahulu. Untuk menjadi orang yang jelas hebatnya kita harus menjadi orang yang tak jelas apa benar-benar hebat. Untuk mengetahui kejelasan manfaat hidup kita menjalani hidup ini sampai kita tahu hidup kita sungguh jelas segala sesuatunya. Ketidakjelasana adalah awal dari segalanya. Awal dari ilmu pengetahuan dan awal dari kehidupan yang penuh warna. Untuk mengetahui bahwa kebutuhan kita sekarang adalah perdamaian kita harus melewati ketidakjelasan kebutuhan kita pada zaman perang dahulu.

Menjadi manusia yang tidak jelas adalah keharusan bagi kita semua. Apakah saat kita lahir kita tahu jelas mau jadi apa kelak? Bukankah takdir memang tidak jelas? Lalu mengapa kita selalu mengatai orang-orang yang tak jelas? Bermanfaatkah?

Ketidakjelsan berfikir adalah awal atau fondasi bahwa segala sesutaunya akan lebih jelas atau segala sesuatunya akan tereduksi sedikit demi sedikit ketidakjelasannya.

Tidak ada komentar: