23 Mar 2009

Mad trackerosofi (filosofi game mad trucker)

Dua hari kemrin aku menikmati game ringan mud tracker, dan sepertinya aku merasa memiliki kewajiban memberi pemaknaan atas aktivitas itu dan pemaknaan game tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam game ini ada 15 misi yang intinya: kita mengedarai sebuah truck dan menghidar dari segala hadangan yang ada di jalan raya seperti mobil yang berseliweran, ranjau jalanan, dan mobil-mobil musuh yang menembaki kita ataupun menyerempet kita. Kita akan kenang jika telah mencapai jarak yang telah ditetapkan. Tantangannya adalah truck memiliki energi (jika dalam game pertarungan ini semacam darah) , jangan sampai energi habis sebelum mencapai jarak yang ditargetkan. Kemudian kita juga dibatasi oleh waktu yang terbatas.

Setting: game ini jelas settingnya bukan jalanan di Indonesia, kok tahu? Mudah saja, di sana mobil-mobil yang berjalan melewati lajur kanan.

Hal lain yang menghambat perjalanan: jika kita menyuasar ke pinggir jalan yang berumput itu atau menabrak rumah dan gunung batu yang ada di kiri kanan jalan.

Jika misi berhasil: kita mendapat ucapan : level complete! Good job! Dan kita mendapat reward sejumlah uang yang bisa kita gunakan untuk membeli aksesoris seperti bemper, kaca pelindung, dan pompa otomatis.

Jika ada misi seperti ini secara nyata: ini tidak manusiawi karena agar misi kita berhasil maka kita terus saja berjalan dengan cepat padahal di sana ada banyak pengendara lain yang bisa tertabrak. Artinya di sini kita bersikap egois sebagai pengendara. Dalam kehidupan juga begitu, seringkali agar kita bisa meraih tujuan kita, kita egois dan mengorbankan pihak lain. Ya meski aku tidak memungkiri jikalau aku pernah seperti itu.

Substansi: dari game ini kita bisa mengurangisedikit penat kita ditengah kesibukan ngerjakan tugas kuliah.
21 maret 09 Menjelang dhuhur dalam kondisi tubuh yang lelah, semalem tidur jam3 malam.

Tidak ada komentar: